Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan User Interface (Ui) Dan User Experience (Ux) Aplikasi Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan Berbasis Android Di Mts Muhammadiyah Bumiayu

Isi Artikel Utama

Muhammad Syaeful Akbar
Tresna Yudha Prawira

Abstrak

Aplikasi Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan adalah salah satu metode pembelajaran yang menggunakan perangkat teknologi android smartphone dan internet sebagai penunjang. Pembelajaran di MTs Muhammadiyah Bumiayu masih menggunakan metode konvensional. Dengan demikian maka diperlukan aplikasi pembelajaran yang baik untuk mendapatkan pengalaman baru ( user experience ). Oleh karena itu, untuk untuk merancang sebuah aplikasi dibutuhkan rancangan user interface yang baik. Penelitian ini menggunakan metode R&D ( Research and Development ) dengan tujuan mengetahui user experience pada aplikasi pembelajaran di MTs Muhammadiyah Bumiayu dengan user experience pada perancangan UI/UX Aplikasi Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan berbasis Android di MTs Muhammadiyah Bumiayu dengan penerapan metode design thinking pada proses perancangannya. Adapun populasi pada penelitian ini sejumlah 88 orang berasal dari 2 guru dan 86 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini sejumlah 45 orang yang didapatkan dengan teknik pengambilan sampel simple random pada penetapan jumlah sampel. Dengan demikian hasil penelitian ini berupa desain UI/UX Aplikasi Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan di MTs Muhammadiyah Bumiayu berbasis android yang dapat menjadi sarana pembelajaran di MTs Muhammadiyah Bumiayu. Adapun hasil pengujian usability testing didapatkan hasil dengan kualifikasi sangat baik dengan hasil uji 94% dari user experience guru dan siswa pada saat melakukan prototyping. Penerapan metode design thinking dapat menghadirkan solusi pada perancangan UI/UX Aplikasi Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan di MTs Muhammadiyah Bumiayu berbasis android yang dapat memberikan pengalaman terbaik pada kegiatan yang berlangsung didalam aplikasi yang telah di buat.

Rincian Artikel

Bagian
Artikel