Sistem Pakar Deteksi Dini Kenakalan Siswa Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Android di SMK Ma'arif NU 02 Bantarkawung
Isi Artikel Utama
Abstrak
Prosedur penanganan perilaku kenakalan siswa di sekolah SMK Ma’arif NU 02 Bantarkawung masih menggunakan sistem yang manual, yaitu dilakukan dengan menggunakan buku. Prosedur untuk menangani siswa yang bermasalah tersebut memiliki beberapa kekurangan, diantaranya yaitu pemakaian kertas yang terlalu banyak yang mengakibatkan kertas-kertas tersebut menumpuk, rawan kerusakan fisik, tidak efisien dalam pendataan, kurang aman karena mudah robek, mudah kusut dan hilang. Dengan demikian dibutuhkan sistem kenakalan siswa. Metode eksperimen yaitu metode penelitian yang digunakan untuk mencari sebab akibat dalam merencanakan, menemukan fakta, mengumpulkan data, dan memecahkan masalah yang dihadapi secara nyata. Tahapan pada penelitian ini yaitu pengolahan dataset, perancangan sistem, penerapan forward chaining pada kode program dan pengujian metode. Metode pengembangan sistem yang digunakan menggunakan metode waterfall. Tahapan pada metode waterfall yaitu analisis, desain, imlementasi, testing dan maintenance. Namun penelitian ini hanya sampai tahap testing. Hasil penelitian ini berupa aplikasi sistem pakar kenakalan siswa dan sistem sudah sesuai dan dapat digunakan.Pengujian penelitian ini menggunakan beta testing, pengujian beta testing dilakukan dengan cara menyebarkan lembar angket penilaian sistem pakar kenakalan siswa yang dibagi menjadi 2 yaitu Pakar dan User.